Kampung Kelahiran Buya Hamka Dilirik Universitas Baiturrahmah

zulabrar, 11 Feb 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

Agam - Ranah kelahiran Buya Hamka tokoh asal Minangkabau bertabur perhatian dari berbagai kalangan diseluruh penjuru untuk ikut berpartisipasi mengingat jasa-jasanya terhadap nageri ini.

Ini tidak terlepas dari kerja keras pemerintahan daerah kabupaten Agam bersama masyarakat untuk menggiatkan potensi yang ada di nagari seribu kenagan ini.

Salahsatu bentuk perhatian ini datang dari Universitas Baiturrahmah Sumatra Barat ikut meluncurkan program 'University Sosiety Responsibility'.

Program University Sosiety Responsibility' ini akan diselenggarakan di jorong Batuang Panjang, nagari Sungai Batang, kecamatan Tanjung Raya, kabupaten Agam, provinsi Sumatra Barat, selama tiga hari berturut-turut pada hari Kamis sampai Minggu (20-23/2/2020) mendatang.

Pemerintah Kabupaten Agam melalui Disparpora dan Camat Tanjung Raya, mengucapkan terimakasih terkait pihak Universitas Baiturahmah telah memilih dan mempercayai Sungai Batang sebagai tempat implementasi Program USR tersebut. 

"Setelah 200 orang anggota Karang Taruna Se-Sumatra Barat melakukan bakti sosial, kini dilanjutkan 700 orang mahasiswa beserta Dosen Universitas Baiturrahmah melakukan Bakti Sosial. Mereka menginap selama empat hari, namun full kegiatan hanya tiga hari," ungkap Camat Tanjung Raya, Handria Asmi usai rapat persiapan di kantornya, Senin, (10/2/2020).

Pertemuan persiapan tersebut dihadiri Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Agam, Syatria, Dinas Perhubungan, Jajaran Pemerintah Nagari Sungai Batang, Jorong-jorong dan Komuntas Pemuda Generasi Hamka Tanjung Raya. 

"Kami dari Pemerintah Kecamatan Tanjung Raya sesuai petunjuk Pimpinan Bupati Agam, bertugas menfasilitasi pelaksanaan University Sosial Responsibility atau USR Baiturrahmah. Hari ini kita berkoordinasi dengan pihak terkait dari berbagai OPD, pemerintahan nagari Sungai Batang hingga jorong dan kelompok Pemuda," tuturnya. 

Sesuai komunikasi dengan pihak Universitas Baiturahmah, sepakat memprogram beberapa item, diantaranya pemeriksaan kesehatan gratis oleh dokter umum hingga spesialis, kegiatan olahraga, gotong royong massal setiap jorong dengan masyarakat beserta anak nagari. Kemudian penanaman pohon buah. 

Sarana prasarana telah disiapkan mulai penginapan 100 unit rumah tersebar 5 jorong, transportasi dan konsumsi. Serta hal lainnya terkait kelancaran kegiatan nantinya. 

"Akan ada 700 orang yang terdiri dari Rektor, Dekan, hingga Mahasiswa beserta dosen. Untuk itu, seluruh masyarakat se-kenagarian akan sedikit sibuk jika ini sukses nantinya. Kedatangan mereka menjadi sebuah kebanggaan dan kehormatan tersendiri. Pasalnya, Rektor Universitas Baiturahmah, Musliar Kasim merupakan mantan Wakil Menteri Pendidikan RI," jelas Camat Tanjung Raya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Agam, Syatria menyebutkan ini adalah sesuatu yang bagus karena tidak hanya berbicara tentang destinasi wisata, melainkan juga dengan perbauran salah satu Universitas ternama di Sumatra Barat dengan masyarakat Sungai Batang, kampung kelahiran Buya Hamka. 

"Potensi ini memang perlu kita gali dan eksplor bersama-sama sehingga dapat mensejahterakan masyarakat juga nantinya. Kampus ini sendiri memiliki program USR yaitu University Society Responsibility. Pengabdian antara mahasiswa, dosen dan masyarakat," tuturnya.(rud/abrar)

 

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu